Categories
Self Improvement

10 Cara Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri Untuk Mencapai Kesuksesan

Amal Baik – Cara menggali dan mengembangkan potensi diri untuk mencapai kesuksesan tidak semua orang berpikiran ke arah sana. Hanya mereka yang tidak ingin menyia-nyiakan potensi dirinyalah yang mau bersusah payah mencari cara menemukan bakat dan kompetensi dirinya.

Misalnya, kamu pada kenyataanya memiliki kemampuan untuk menulis. Pernah satu kali mencobanya dan kamu mendapatkan respon baik dari pembaca. Pertanyaannya, maukah kamu meluangkan waktu untuk lebih mendalami ilmu menulis yang baik agar tulisanmu lebih menarik minat orang lain untuk membaca?

Nah, di artikel sebelumnya telah dijelaskan mengapa kita perlu mengembangkan potensi diri kita. Kamu bisa membacanya disini.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggali potensi diri dan mengembangkannya agar sukses semakin mudah untuk diraih.

10 Cara Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri Untuk Mencapai Kesuksesan
Ilustasi : Cara Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri Untuk Mencapai Kesuksesan dengan Menjadi Dirimu Sendiri / Pexels

Cara Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri

Berikut ini cara menggali potensi diri dan mengembangkannya untuk hidup lebih baik dan bisa meraih kesuksesan yang kamu mau.

1.Tes Minat dan Bakat

Tes minat dan bakat adalah rangkaian tes dan analisa yang menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik serta minat bakat terhadap suatu bidang. Meskipun tes minat dan bakat ini sifatnya tidak mutlak, akan tetapi bisa menjadi patokan untuk mencari kegiatan yang bisa berdampak besar bagi masa depanmu.

Tes minat dan bakat ini biasanya dilakukan saat akan melakukan pemilihan jurusan di bangku sekolah atau kuliah. Juga biasa digunakan sebagai salah satu tes dalam proses rekrutmen karyawan.

2.Diskusi dengan Orang Terdekat

Salah satu cara menemukan bakat dan potensi diri yaitu berdisuksi dengan orang terdekat. Jangan menutup diri dengan lingkungan di sekitarmu. Tanyakan kepada mereka mengenai potensi dirimu yang terlihat oleh mereka.

Hal ini bisa membantumu untuk lebih open minded dalam menerima saran dan kritikan. Misalnya, mereka melihat bahwa kamu memiliki kemampuan dalam membuat design logo untuk usaha kecil-kecilan keluargamu. Bisa saja keluargamu akan memberikan saran agar kamu mengambil jurusan design.

Kritik dan saran yang membangun bisa membantumu dalam meningkatkan potensi dirimu, akan tetapi untuk kritik yang sifatnya menjatuhkan cukup kamu dengarkan dan acuhkan saja ya.

3.Cari Tahu Impianmu

I believe I can Fly. Mereka yang memiliki impian bahkan meyakini mereka bisa terbang. Yaa, itulah kekuatan impian.

Langkah selanjutnya bagaimana cara mengembangkan potensi diri adalah mencari tahu impianmu. Impian bisa menjadi bahan bakar dalam usahamu memaksimalkan potensi. Pasalnya, tanpa kamu sadari kamu akan menggali potensi dan mengandalkan kemampuan yang menonjol di dalam dirimu.

Barangkali bagi sebagian orang ini tidaklah realistis, tapi bagi seseorang yang ingin menemukan potensi di dalam dirinya, ini poin penting yang harus dilakukan.

4. Cari Tahu Kekurangan dan Kelebihanmu

Selain fokus mengembangkan potensi diri, kamu juga harus sadar setiap orang memiliki kekurangan. Kamu harus mampu menerima dan berdamai dengan kekurangan yang kamu miliki terlebih dahulu.

Pada kenyataanya kekurangan dan kelebihan juga adalah bagian dari potensi diri. Hanya saja kamu yang menentukan mana yang sesuai dengan personalitasmu dan memiliki relevansi yang pas dengan impian yang mau kamu wujudkan.

Kekurangan pada dirimu akan tertutupi bila kamu mampu menjadi pribadi yang mahir dalam menonjolkan kelebihan dirimu. Ingatlah, banyak orang sukses yang tak lepas dari kekurangan mereka akan tetapi berhasil menaklukan kekurangan tersebut dengan terus melakukan pengembangan diri.

5. Berani Untuk Berbeda

Siapa sih yang tidak merasa nyaman di lingkungan yang telah lama ditinggali? Sangat jarang orang mau melawan arus dan mencoba hal baru. Maka tidak heran ada yang bertahan dengan pekerjaannya selama bertahun-tahun walaupun sejatinya itu bukan passionnya.

Potensi diri adalah hal yang unik, maka jangan khawatir untuk tampil beda. Namun, tetap saja kamu perlu melakukannya dengan persiapan yang matang. Bila nanti kamu berhasil beradaptasi dengan hal baru tersebut, kemungkinan besar potensi dirimu akan meningkat karena melakukan hal sesuai dengan passionmu.

Baca Juga : 4 Kecerdasan Manusia : IQ, EQ, SQ, AQ, Sudah Tahukah Kamu ?

6. Jangan Takut Gagal

Saat kamu mengeksplore potensi dirimu, mencoba hal-hal yang bisa meningkatkan kemampuan dirimu maka kegagalan bisa saja terjadi. Kamu perlu tahu kegagalan itu sendiri adalah bagian dari pengembangan diri karena dari sana kamu bisa mengevaluasi dan mengintrospeksi dirimu.

Gagal bisa saja karena memang tidak berbakat atau karena kamu belum mengasah potensi dirimu secara maksimal. Oleh sebab itu, berani hadapi kegagalan karena dengannya kamu diuji untuk senantiasa mencoba mengembangkan dirimu menjadi lebih baik lagi.

7. Buat List Pencapaianmu

Pencapaian penting untuk menjadi bagian proses pengembangan dirimu. Tiap pencapaian memang belum tentu adalah bagian dari potensi diri, akan tetapi dengan list pencapaian kamu bisa mengevaluasi hal-hal apa saja yang terjadi sesuai dengan keinginanmu.

Perasaan bangga dan kepuasan hati akan tercapainya sesuatu merupakan salah satu hal yang hadir karena adanya potensi diri. Darisana lah tanpa disadari dengan terus mengembangkan diri seseorang dituntun untuk mencapai berbagai hal dengan baik.

8. Jangan Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Cara mengetahui kemampuan diri tak perlu dengan membandingkan dirimu dengan orang lain. Setiap orang memiliki fase perkembangan dan pencapaian yang berbeda-beda. Jadi kamu hanya perlu fokus mencari cara mengenal potensi dirimu kemudian kamu kembangkan.

Dengan mempercayai diri sendiri dan tidak terpengaruh akan potensi dan keberhasilan yang dimiliki orang lain, akan menunjang seseorang untuk fokus pada potensi dirinya sendiri.

9. Memperluas Cakrawala Wawasan

Salah cara mengembangkan potensi diri dari eksternal adalah dengan terus memperluas cakrawala wawasan yang dimiliki masing-masing individu.

Wawasan bisa datang dari berbagai aspek, misalnya buku, artikel, jurnal, maupun dari orang lain. Wawasan akan mengajak seseorang untuk berpikir, observasi dan menganalisis hubungan dirinya dengan subjek di luar dirinya.

Pada waktu yang tepat, kamu akan menemui apa yang unik dari dirimu dan kamu sadari itu adalah potensi dirimu yang perlu untuk dikembangkan.

10. Bergabung dengan Komunitas Positif

Lingkungan juga sangat berpengaruh dalam upaya pengembangan diri. Pasalnya lingkungan yang baik adalah yang mampu mendukung semua potensi yang kamu miliki untuk terus berkembang.

Bergabung dengan komunitas positif secara tidak langsung akan memberimu semangat untuk terus berusaha mencapai tujuan hidup yang kamu inginkan.

Selain itu, dengan berbaur dan menempatkan diri di dalam komunitas tertentu yang sesuai dengan minat dan bakatmu, kamu akan lebih mudah menganalisis potensi dirimu sesuai dengan apa yang dikerjakan di dalam komunitas tersebut.

Nah itu tadi beberapa cara menggali dan mengembangkan potensi diri untuk mencapai kesuksesan. Potensi diri tidak akan pernah muncul jika tidak diupayakan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan niat, komitmen dan kesungguhan hati dalam upaya agar potensi diri tersebut bisa berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga : Kecerdasan Spiritual : Pengertian, Ciri-Ciri dan Indikatornya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *