Categories
Talk Islam

7 Sumber Pahala Terbaik Bagi Wanita Muslim Saat Datang Bulan

Amal Baik – Datang bulan atau haid adalah waktu khusus untuk wanita dimana baginya diharamkan untuk melakukan ibadah wajib dan beberapa ibadah sunnah. Terkadang muncul keresehan pada diri kita sebagai wanita karena sulitnya memilih ibadah yang bisa dikerjakan selama haid. Sebagai seorang wanita muslim kita harus tahu apa saja sumber pahala terbaik bagi wanita saat datang bulan.

Walaupun tidak diizinkan untuk berpuasa atau sholat, Allah selalu membuka kesempatan lain untuk wanita khususnya saat datang bulan mencari sumber pahala. Jadi jangan kecewa dulu ya ketika tiba-tiba datang bulan. Berikut ini amalan yang bisa kamu kerjakan saat datang bulan, dan pahalanya juga besar loh!

7 Sumber Pahala Terbaik Bagi Wanita Muslim Saat Datang Bulan
Ilustrasi : Sumber Pahala Terbaik Bagi Wanita Muslim Saat Datang Bulan Dengan Mencari Imu / Pexels

Amalan Saat Datang Bulan Untuk Perempuan

1.Mencari Ilmu

Mencari ilmu dapat menjadi amalan utama yang bisa dikerjakan saat datang bulan. Dalam islam tidak ada batasan untuk mencari ilmu, baik itu gender, usia, dan kondisi. Siapapun berhak untuk menuntut ilmu. 

Ilmu yang dikejar pun boleh apa saja, asalkan kebaikan ilmu tersebut membuat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ilmu yang selalu mendatangkan manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. 

Manfaat mencari ilmu bahkan setara dengan jihad. Nah, untuk para wanita sumber amalan satu ini bisa dilakukan kapan saja. 

2.Sholawat dan Zikir

Bersholawat dan berdzikir tidak dilarang untuk wanita haid. Maka saat datang bulan rutinkanlah bersholawat dan dzikir agar hati senantiasa tentram dan dekat dengan Allah SWT. Berzikir dan bersholawat merupakan ucapan untuk selalu mengagungkan Allah SWT dan Nabi.

Sholawat dan dzikir merupakan ibadah yang mudah untuk dikerjakan. Tidak ada syarat atau kondisi khusus ketika ingin mengerjakan. Keduanya dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja.

Hal terpenting saat bersholawat dan berdzikir agar mendapatkan syafaatnya adalah niat yang tulus saat mengerjakannya. Ada berbagai jenis zikir yang dapat dikerjakan diantaranya tasbih, tahmid, takbir, hauqalah dan lainnya. 

Selain itu melakukan sholawat dan zikir juga dapat membantu menghindarkan diri dari gangguan setan. Terutama bagi wanita haid yang kondisi keimanannya tidak kokoh, maka dapat merutinkan sholawat dan zikir untuk menghindari fitnah setan.

3.Mendengar Tausiyah

Bagi wanita haid tidak ada larangan untuk menghadiri ataupun mendengarkan tausiyah. Mendengarkan tausiyah dapat menjadi amalan pengisi waktu luang saat datang bulan. Selain memperoleh pahala, mendengarkan tausiyah juga dapat menjadi ladang untuk memperbanyak ilmu.

Terutama di-era sekarang, telah tersedia berbagai media untuk menikmati tausiyah dari banyak ahli agama. Oleh karena itu, jangan sampai momen datang bulan membuat amalan menjadi menipis. Ada berbagai amalan yang pahalanya tidak kalah berlimpah dan penuh kebaikan seperti mendengarkan tausiyah.

Ada manfaat lain yang diperoleh jika kita rutin mendengarkan tausiyah, diantaranya adalah:

  • Menambah wawasan sekaligus mencari ilmu untuk kebutuhan dunia akhirat.
  • Membuka pikiran untuk menerima hal-hal baru yang sesuai syariat
  • Menjadi wadah untuk mengingat ilmu yang terlupakan 
  • Membantu mencerahkan pikiran saat tengah diliputi oleh masalah.
Baca Juga : Ketahui Kewajiban Zakat Berdasarkan Jenis Harta Menurut Islam

4.Bersedekah

Sumber pahala lain yang dapat dikejar saat wanita datang bulan adalah rutin bersedekah. Bersedekah juga dapat menjadi amalan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Keutamaan bersedekah bukan hanya disaat datang bulan. Namun bisa dikerjakan kapanpun dan oleh siapapun. 

Oleh karena itu, bersedekah juga diizinkan untuk para wanita khususnya saat datang bulan untuk dirutinkan. Hal ini untuk memperoleh limpahan pahala yang lebih besar. Bersedekah dapat dilakuan dengan cara yang paling sederhana, mulai dari menebarkan senyuman dan kebaikan hingga memberikan bantuan materi kepada fakir miskin.

Hadits tersebut mendorong agar wanita banyak bersedekah maupun beristighfar. Jangan sampai pahala bolong karena datang bulan. Masih ada banyak amalan lain sebagai sumber pahala untuk wanita.  

5.Mendengarkan Murottal

Amalan selanjutnya yang dapat dikerjakan saat tengah datang bulan adalah mendengarkan murottal. Mendengarkan lantunan ayat suci dapat menjadi sumber pahala dan menghindarkan diri dari gangguan setan. Mendengarkan al-quran sangat dianjurkan terutama untuk wanita yang tengah menghafal. Maka dapat mengulang hafalan secara rutin.

Mendengarkan lantunan ayat suci adalah cara lain agar kita dapat mendekatkan diri kepada Allah. Lantunan murottal atau ayat suci dapat didengar dari media apa saja. Apalagi di zaman sekarang, tentu lebih mudah untuk mengakses media untuk memutar lantunan ayat suci. 

Selain itu mendengarkan murottal juga dapat memberikan manfaat baik untuk diri kita, diantaranya adalah:

  • Rumah disinari oleh cahaya
  • Melindungi rumah dari gangguan setan
  • Meningkatkan daya ingat
  • Membantu kesembuhan pada orang yang sakit
  • Menghindari diri dari gangguan kecemasan.

Oleh karena itu, rutinlah mendengarkan murottal, terutama untuk wanita haid agar terjauhi dari gangguan setan dan selalu dekat dengan Allah SWT.

6.Berdoa

Tentu saja berdoa termasuk salah satu sumber pahala yang bisa dilakukan oleh wanita saat datang bulan. Berdoa adalah ibadah yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Bahkan beberapa ahli agama mengatakan bahwa agama adalah otak dari ibadah.

Dengan berdoa maka dapat membantu menjauhi diri dari sifat sombong. Berdoa juga dapat membantu kita mencari solusi atas permasalahan didunia. Dengan berdoa maka kita telah berikhtiar untuk mendekatkan diri kepada Allah. Berdoa juga dapat menghindari diri dari kemarahan Allah SWT.

Oleh karena itu, dalam kondisi apapun jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Terutama untuk wanita pada saat datang bulan, berdoalah pada Allah SWT untuk mendapatkan perlindungan dan ridho Allah SWT.

7.Berdakwah

Melakukan dakwah juga tidak ada batasannya, dapat dikerjakan oleh wanita yang sedang datang bulan sekalipun. Berdakwah adalah menyampaikan kebaikan dan ilmu kepada orang lain melalui media apapun. Media yang digunakan tidak harus berceramah secara langsung, namun dapat melalui tulisan, postingan media sosial, dan cara lainnya.

Berdakwah adalah amalan yang besar pahalanya. Setiap kebaikan yang disampaikan pada orang dan dikerjakan oleh orang tersebut, maka pahalanya akan ikut mengalir kepada orang yang menyampaikan ceramah. 

Nah, itulah 7 sumber pahala terbaik bagi wanita muslim saat datang bulan. Sekarang tidak ada alasan untuk tidak beribadah. Allah telah menyediakan sumber lain dengan pahala yang berlimpah. Selain untuk memperoleh pahala, amalan-amalan tersebut juga dapat membantu kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *