Categories
Talk Islam

Bangunan Bersejarah Ini Bukti Kemuliaan Islam Abad Pertengahan di Spanyol

Amal Baik – Sebagai salah satu  tujuan wisata karena kekayaan alamnya, Eropa tampaknya memiliki aspek religi yang dalam. Benua tersebut merupakan pusat perkembangan teknologi dengan sejarah panjang yang  menarik untuk dijelajahi. 

Spanyol telah melakukan beberapa hal luar biasa dalam hal keragaman budaya, masakan, dan orang-orangnya. Karena ada begitu banyak fenomena menarik yang tertanam dalam DNA Spanyol. 

Bersama dengan tempat wisata lain di Spanyol, salah satu faktor utama yang membuat Spanyol seperti sekarang ini adalah berkat kekayaan budaya Islamnya yang kaya baik di masa lalu maupun di masa sekarang. 

Keberadaan istana megah, masjid kuno, dan monumen Spanyol yang didekorasi dengan indah menjadikannya negara yang kaya akan warisan seni dan arsitektur bambu. Di benua ini, Islam pernah sukses dan mencapai masa keemasannya di bawah kepemimpinan rajanya. Selama berabad-abad ketika Islam berkuasa, banyak situs sejarah dibangun dan menjadi bukti warisan Islam.

Bangunan Bersejarah di Spanyol Monumen Kekhalifahan Islam 

Islam masuk ke Eropa, khususnya Spanyol, melalui Khalifah Al-Walid dari dinasti Bani Umayyah di Damaskus. Kehadiran Islam di negeri ini sudah cukup tua sehingga tak heran jika meninggalkan jejak seperti banyak monumen bersejarah. 

Arsitektur Islam tampaknya sangat kental di negeri ini. Keunikan dan perbedaan arsitekturnya inilah yang sangat bisa dikenali dan berbeda dengan arsitektur era lainnya. Berikut adalah karya-karya sejarah peninggalan Islam di Spanyol.  

1. Menara Giralda (Seville)

Konon menara Giralda adalah salah satu menara terindah di Eropa. Menara ini awalnya adalah menara masjid besar di Sevilla dan dibangun pada tahun 1184 oleh seorang arsitek bernama Ahmad Ibn Baso.  

Giralda Tower adalah gedung tertinggi dalam 800 tahun sejak dibangun. Sekarang menara ini telah diubah menjadi menara lonceng Katedral Seville. Namun, nuansa Islam masih tampak kental di sana. 

2. Castillo Arabe

Dideklarasikan sebagai monumen nasional pada tahun 1931 dan terletak di “Cerro de las Torres”, Castillo Arab dibangun oleh orang Arab selama zaman Fenisia dan Romawi. Castillo Arabe adalah ruang tertutup dengan kubah runcing.  

Untuk menikmati reruntuhan sepenuhnya, kunjungi jembatan Islam kuno sebelum mendaki Gunung Castillo Arab untuk menghargai keberanian karya pertahanan Muslim dan menikmati pemandangan yang menakjubkan saat Anda berjalan Berjalan melalui reruntuhan benteng ini. Renungkan sejarah Castillo Arabe, yang berasal dari abad ke-12. 

Baca Juga : Peninggalan Bersejarah Peradaban Islam di Eropa

3. Torre del Oro (Seville)

Ini juga merupakan salah satu menara peninggalan penguasa Muslim yang dibangun pada masa dinasti Muwahhidun. Menara ini dibangun dengan tujuan memfasilitasi akses ke kota Seville di seberang Sungai Guadalquivir. 

Itu juga berfungsi sebagai gudang dan penjara di abad  13. Saat ini, Torre del Oro dilestarikan sebagai peninggalan penguasa Muslim dan digunakan sebagai Museum Angkatan Laut Seville. 

4. Istana Alhambra

Istana ini dibangun pada abad ke-10 dan merupakan salah satu bukti kejayaan Islam di Spanyol. Istana ini sangat indah dengan arsitektur khas Moor. Ada bagian unik yang berbeda seperti Taman Generalife, Lion’s Court dan Abencerrajes Hall. 

5. Aljaferia Palace

Istana Aljaferia juga dikenal sebagai Istana Alcazar adalah sebuah istana yang terletak di Zaragoza. Istana ini merupakan tempat tinggal sekaligus benteng. Dibangun pada abad ke-9, istana ini menjadi tempat tinggal dinasti Bani Hud pada masa pemerintahan Abu Ja’far Al-Muqtadir.  

6. Alcazar of Seville

Alcazar of Seville adalah istana yang dibangun pada zaman raja-raja Moor. Istana ini terletak di kota Sevilla dan merupakan istana kerajaan tertua di Eropa yang masih digunakan sampai sekarang.  

Pada tahun 1987, Istana Seville diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Ini juga merupakan contoh terbaik dari arsitektur Mudejar di semenanjung Iberia.  

7. Alcazar of Jerez de la Frontera

Ini adalah salah satu monumen Islam yang tidak kalah mempesona dari yang lain. Dibangun pada abad ke-11, istana ini dikatakan sebagai yang tertua di Spanyol. Alcazar dari Jerez de la Frontera terbuat dari batu alam kosong, tidak diplester atau dicat. 

Dari susunan bebatuan inilah istana ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Keunggulan lain dari istana ini adalah merupakan satu-satunya masjid yang masih berdiri hingga saat ini. Di masa lalu, sekitar 18 masjid  dibangun di kota ini.  

8. Masjid Cristo de la Luz (Toledo)

Masjid Cristo de la Luz adalah  masjid tua yang terletak di wilayah Toledo, Spanyol. Bangunan ini merupakan salah satu dari 10 masjid yang dibangun pada masa Moor. Saat ini, bangunan ini dikenal sebagai Masjid Bab Al-Mardum. 

9. Alcázar de Segovia

Alcazar of Segovia adalah istana yang dibangun sekitar Abad Pertengahan. Terletak di kota Segovia, satu jam dari Madrid. Karya sejarah ini mulai disebutkan dalam sejarah  sekitar tahun 1120 M. Pada awalnya, istana ini dibangun sebagai  benteng dan istana. 

Arsitektur paling unik dan terkenal di Spanyol. Karena keunikan tersebut, Walt Disney menjadikannya sebagai lambang Walt Disney. Jadi jangan heran jika Anda melihat  logo Walt Disney yang menyerupai foto Istana Segovia ini. 

10. Alcazaba of Malaga

Alcazaba  Malaga adalah benteng yang juga pernah menjadi tempat tinggal Bani Hamud pada  abad ke 11. Benteng ini menjadi saksi pertahanan Muslim terakhir dari kendali Spanyol. Kaum Muslimin dikalahkan di Malaga setelah perang melawan Raja Ferdinand dan Ratu Isabella pada 19 Agustus 1487. Penaklukan ini menandai dimulainya penaklukan kekuasaan Muslim di provinsi lain seperti Andalusia dan Granada.  

11. Medina Azahara

Keindahan Medina Azahara sudah tidak asing lagi bagi pengunjung. Kota yang indah ini merupakan bukti keberhasilan Islam pada saat itu. Dibangun pada masa pemerintahan Abdurrahman III, Medina Azahara merupakan pusat pemerintahan  saat itu.  

12. Masjid Cordoba di Mezquita

Dibangun pada abad ke-16, Masjid Agung Cordoba dikenal karena gaya arsitekturnya yang melambangkan pengaruh dan kekuatan Muslim di Barat selama bertahun-tahun.  Awalnya, Abd al-Rahman membeli separuh masjid agar umat Islam bisa beribadah di sana. Kemudian dia membeli setengahnya lagi untuk membangun masjid baru. 

Segera setelah itu, sebuah masjid dibangun tepat di tengah masjid, maka nama “Mezquita-Catedral”. Sesampainya di Cordoba. Pengunjung melihat banyak pintu melengkung yang berbeda dan tebal, yang dikenal sebagai pintu tapal kuda. Mereka adalah adaptasi dari pintu berkubah Muslim awal yang digunakan di Masjid Agung Umayyah di Damaskus.  

Bangunan ini terkenal karena aula tertutupnya yang pendek, dengan 856 kolom jasper, onyx, marmer, granit, dan porfiri. Konstruksi ini dianggap sebagai salah satu monumen arsitektur Moor terbesar. Masjid besar di Cordoba telah memainkan peran penting dalam komunitas Muslim selama tiga abad. Ini berfungsi sebagai kuil penting untuk pengorbanan. 

13. Menara Calahorra

Menara Calahorra adalah pintu gerbang ke pusat bersejarah Cordoba, Spanyol. Awalnya dibangun oleh bangsa Moor dan setelah dibangun kembali oleh Raja Enrique II pada tahun 1369, sebuah menara tambahan ditambahkan ke gerbang untuk menyatukan dua menara tua lainnya.

Wisatawan dapat menyaksikan kisah terkenal Kristen, Muslim dan Yahudi yang hidup damai dan harmonis pada masa pemerintahan era ini sambil menjelajah ke menara pengadilan. Kekayaan monumental hari ini pernah digunakan sebagai penghalang pertahanan terhadap serangan musuh, kemudian diubah menjadi penjara dan sekolah perempuan.  

Museum ini menyimpan artefak yang menampilkan kehidupan tiga agama yang berbeda dalam bentuk dokumen dan foto, memungkinkan wisatawan untuk melihat sekilas cara hidup pada waktu itu. 

Jadi, inilah beberapa bangunan bersejarah menjadi saksi kejayaan Islam di Eropa pada Abad Pertengahan. Sekalipun Islam bukan lagi agama mayoritas di sana, gedung-gedung ini menjadi saksinya, bukti peradaban Islam telah ada pada zaman dulu di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *