Categories
Talk Islam

Jangan Asal Berdoa, Kenali Keutamaan Doa Dalam Islam

Amal Baik – Doa adalah kata yang sering kita dengar saat manusia ingin meminta. Setiap umat memiliki cara berdoa yang berbeda. Namun dalam islam, doa merupakan ibadah yang nilainya tinggi. Doa menjadi bentuk pengakuan manusia bahwa ia manusia yang lemah dan tidak berdaya di hadapan pencipta. Mari kenali keutamaan doa dalam islam.

Apa Itu Doa?

Doa dikenal sebagai bentuk komunikasi makhluk dan pencipta. Dalam islam keutamaan berdoa sangat ditekankan. Salah satunya melalui ketaatan beribadah. Ibadah dikatakan sebagai tindakan yang diisi dengan doa-doa. Keduanya selalu berkaitan erat.

Kenapa seorang umat berdoa? Karena pada dasarnya ia makhluk lemah. Melalui doa kita bisa memohon kekuatan dari pemilik kekuatan yang lebih besar. Karena itu secara umum doa juga diartikan sebagai permintaan dari yang rendah kepada yang lebih tinggi.

Sebagai seorang muslim, berdoa bukan sekedar meminta. Namun juga cara membuktikan keimanan kepada Allah SWT. Dalam islam, tidak ada syarat-syarat khusus untuk berdoa. Berdoa dapat dilakukan kapan saja. Namun sebagai manusia terkadang kita cenderung lupa untuk berdoa karena nikmat yang diberikan Allah SWT.

Maka doa sangat dianjurkan kapanpun dalam kondisi apapun. Sekalipun seseorang telah merasa mendapatkan nikmat dunia. Ia tetap perlu untuk berdoa. Karena bentuk terpenting dari doa adalah merendahkan diri kepad pencipta.

Berdoa menjadi lading umat islam mendapatkan manfaat hidup dunia dan akhirat. Berikut ini manfaat berdoa sebagai ibadah

  • Mendapatkan rahmat dari Allah SWT
  • Menjadi tumpuan dan tempat meminta saat berputus asa
  • Memberikan kelancaran urusan dunia
  • Tempat meminta ketenangan saat mendapat masalah
  • Meminta pengampunan dosa
  • Menjauhkan diri dari kejahatan dunia

Namun apakah manfaat itu akan dirasakan langsung? Tidak ada kepastian akan hal tersebut. Namun Islam telah mengatur cara dan waktu terbaik dalam berdoa untuk meraih syafaatnya. Keikhlasan dan memasrahkan diri adalah hal terpenting saat berdoa.

Jangan Asal Berdoa, Kenali Keutamaan Doa Dalam Islam
Jangan Asal Berdoa, Kenali Keutamaan Doa Dalam Islam

Kapan Waktu Terbaik Untuk Berdoa?

Tidak ada batasan untuk berdoa, setiap waktu adalah baik untuk berdoa. Allah SWT sangat senang ketika mendengar umatnya meminta kepada-Nya. Namun diantara waktu-waktu baik tersebut terdapat waktu terbaik untuk berdoa.

  1. Diakhir Sholat

Sholat merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT. Berisi puji-pujian dan zikir-zikir indah. Karena itu berdoa di akhir shalat sangat dianjurkan. Walaupun sholat itu sendiri berisi dengan doa. 

Namun Allah akan senang dengan umat-Nya yang berdoa dan meminta penuh keseriusan. Saat berdoa maka rendahkan diri dan ceritakan semua keburukan dan solusi yang diminta pada Allah SWT. Tunjukkan selemah-lemahnya manusia dihadapan-Nya sebagai bentuk pengakuan kemahabesaran Allah SWT.

  1. Sepertiga Malam

Kita tentu sudah sering mendengar tentang kekuatan sholat tahajud. Yaitu sholat yang dikerjakan di sepertiga malam. Bahkan di waktu tersebut Allah telah menjamin setiap doa akan terkabul. 

Jika hal ini telah dijamin, namun mengapa terkadang kita tidak mengerjakan. Karena inilah kekuatan waktu sepertiga malam. Hanya manusia dengan keinginan kuat menjalankan sholat saat kebanyakan orang tertidur pulas. 

  1. Dihari Jumat

Diantara tujuh hari terdapat satu hari yang istimewa bagi umat islam, yaitu hari jumat. Allah memberikan banyak berkah dan manfaat pada hari Jumat. Hari jumat juga menjadi waktu mustajab untuk melepaskan doa.

Tiga waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk berdoa. Sebagai manusia kita terkadang sering lupa dan lalai untuk berdoa. Maka usahakanlah untuk selalu berdoa dalam tiga waktu tersebut.

Kenali Doa yang Baik dan Buruk

Mengenali doa yang baik dan buruk adalah poin penting saat meminta kepada-Nya. Seringkali ketika kita telah percaya bahwa doa akan dikabulkan merasa sangat kecewa pada hasil yang sebaliknya.

Namun harus ditanamkan bahwa penolakan doa dari-Nya juga adalah hal yang baik. Percayalah bahwa berdoa adalah usaha untuk mendapatkan yang terbaik. Dan Allah-lah yang paling tahu apa yang dibutuhkan umat-Nya.

Baik dan buruknya doa adalah bergantung pada penerimaan dan penolakan takdir dari Allah SWT. Ketika kita meminta, dan hal tersebut tidak didapatkan. Maka yakinlah bahwa ketika doa itu terkabul adalah hal yang buruk. 

Baca Juga : Sudahkah Anda Bersyukur Hari Ini? 5 Manfaat Bersyukur Untuk Kesehatan Mental
Hubungan Takdir dan Doa

Pertanyaan tentang peran doa dalam kehidupan terkadang terlintas seiring dengan ketetap takdir. Sebuah takdir yang telah ditetapkan dan tertulis dari awal hidup hingga kematian dengan detail telah ada. Lalu apa gunanya kita berdoa?

Doa yang tulus yang kekuatannya bisa melebihi kekuatan takdir. Tidak ada upaya yang sia-sia dihadapan Allah, termasuk berdoa. Allah akan menilai seberapa hasil yang bisa diberikan untuk setiap doa umat-Nya. 

Itulah keutamaan berdoa dalam Islam. Berdoa menghubungkan antara dua hal yaitu dunia dan akhirat. Keduanya harus selalu beriringan. Allah SWT tidak menyukai umatnya yang hanya berdoa untuk kebutuhan dunia saja. 

Ingatlah bahwa dunia hanya sementara, dan doa akhirat adalah permintaan untuk mendapatkan syafaat selamanya. Keduanya sama penting dan harus berjalan beriringan.

Berdoalah Di Setiap Kondisi

Berdoa utamanya berbentuk permintaan kepada Allah SWT. Namun berdoa juga merupakan upaya untuk menerima kebaikan atas apa yang akan dikerjakan. Karena itu terdapat anjuran doa untuk setiap kondisi. 

Hal ini agar kita bisa memperoleh berkah atas apa yang dikerjakan. Misalnya pada saat akan mandi, maka bacalah doa sebelum masuk kamar mandi. Tujuannya adalah untuk meminta penjagaan dari gangguan setan. 

Pada kondisi terlilit hutang, maka panjatkanlah doa dan zikir agar Allah terus melindungi dan menjaga diri kita. Ada banyak jenis doa untuk kegiatan sehari-hari. Namun pada dasarnya berdoa adalah meminta kepada-Nya. Maka mintalah berkah dan kebaikan untuk setiap kondisi yang ditemui.

Terkadang kita menemukan diri dengan perasaan tidak pantas untuk berdoa. Menemukan bahwa diri kita telah banyak melakukan kesalahan. Berpikir bahwa Allah sudah tidak akan mau lagi mengabulkan permintaan kita. 

Sesungguhnya ini tidak benar. Sebaliknya Allah sangat menyukai orang yang berdoa penuh penyesalan dan meminta pertaubatan. Allah selalu membuka pintu untuk umat-Nya kembali pada kebaikan. Karena itu jangan berhenti untuk berdoa. Berdoa adalah kekuatan terbaik saat kesulitan. Pengakuan kebesaran Allah SWT sebagai seorang manusia. Berdoa akan menyadarkan kita dari sikap sombong, mengakui bahwa semua manusia lemah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *