Categories
Psikologi

Ketahui Ciri-Ciri Overthinking dan Cara Mengatasinya

Amal Baik – Ketahui ciri-ciri overthinking dan cara mengatasinya dari sekarang agar kamu tidak terjebak dengan kata “andai saja“. Seringkali bila ada kejadian yang tidak sesuai dengan keinginan, kata-kata andai itu akan hadir di pikiran. Bila dibiarkan terlalu dalam maka overthinking yang akan terjadi.

Tahukah kamu overthinking bisa membuatmu kelelahan secara fisik dan mental yang bahkan bisa mengganggu keseharianmu? Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk tahu penyebab, ciri-ciri serta cara mengatasinya.

Pengertian Overthinking

Overthinking adalah istilah untuk seseorang yang cenderung memiliki pikiran yang berlebihan akan sesuatu ataupun kejadian yang sedang menimpanya. Mereka yang overthinker biasanya bahkan berpikir terlalu dalam akan hal sepele sekalipun.

Apa penyebab overthinking itu sendiri belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Pastinya setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa mereka bisa mempunyai pikiran yang berlebihan.

Akan tetapi hal yang dapat dipastikan biasanya seseorang mengidap overthinking erat kaitannya dengan gangguan mental seperti perasaan cemas, stress dan depresi.

Ketahui Ciri-Ciri Overthinking dan Cara Mengatasinya
Ketahui Ciri-Ciri Overthinking dan Cara Mengatasinya

Ciri – Ciri Seseorang Yang Overthinking

Umumnya orang yang memiliki sikap overthinking tidak menyadari bahwa mereka adalah tipe overthinker. Mereka menganggap bahwa kebiasaan mereka mendalami setiap perkara secara berlebihan adalah bagian dari kehati-hatian dan pencarian solusi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasan ciri-ciri seseorang yang overthinking.

Baca Juga : Anxiety Disorder: Pahami Gejalanya Agar Bisa Diatasi!

1. Selalu Merasa Khawatir

Tanpa disadari mereka yang suka berpikir berlebihan akan selalu merasakan khawatir tentang apa saja. Bahkan terkadang mereka khawatir dengan hal yang belum tentu terjadi di masa depan. Mereka juga mengkhawatirkan hal-hal yang jelas di luar kendali mereka.

2. Mengingat Kesalahan Yang Telah Lalu

Apabila seseorang memiliki pola pikir berlebihan atau overthinking setiap kali melakukan kesalahan ataupun mengalami pengalaman yang memalukan, hal ini akan selalu berada di ingatan mereka.

Hal ini akan selalu mereka pikirkan dan timbulah tadi pernyataan andai saja, jikalau, bagaimana bila yang tidak ada habisnya berada di pikiran mereka. Padahal sejatinya mereka tahu tidak ada yang bisa mengulang masa lalu, hanya saja kebiasaan overthinking inilah yang menyebabkannya.

3. Kesulitan Mencari Solusi Saat Ada Masalah

Mereka yang overthinking bila menghadapi suatu masalah akan sulit fokus dalam menyelesaikan masalah. Hal ini dikarenakan mereka hanya terfokus pada masalah itu sendiri. Mengapa itu terjadi, kenapa harus terjadi dll. Seharusnya mereka fokus mencari solusi sehingga masalah bisa segera terselesaikan.

4. Suka Merenung

Salah satu tanda overthinker adalah berpikir repetitif atau selalu mengulang hal atau kejadian yang sama terus menerus di dalam pikiran. Hal ini mengakibatkan seseorang menjadi punya kebiasaan merenung dikarenakan membayangkan kejadian buruk tersebut terjadi berulang-ulang.

5. Sulit Membuat Keputusan

Mengambil keputusan secara terburu-buru memang tidaklah baik, hanya saja bila terlampau lama mengambil keputusan bisa jadi karena overthinking. Pasalnya orang yang cenderung berpikir secara berlebihan kembali terfokus pada masalah sehingga sulit untuk mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah.

6. Kerap Menyalahkan Diri Sendiri

Sulitnya seseorang untuk move on setelah membuat keputusan apalagi bila keputusan tersebut ternyata keputusan yang salah bisa berdampak pada penyalahan pada diri sendiri. 

Lambat laun yang terjadi adalah overthinking. Menganalisis masalah secara berlebihan, memikirkan kemungkinan lain yang bisa terjadi bila mengambil keputusan yang berbeda, pada akhirnya menyalahkan diri sendiri berkepanjangan.

7. Sulit Tidur Nyenyak

Sangat bisa dipastikan overthinking bisa mengganggu kegiatan harianmu, salah satunya adalah tidur. Seseorang yang selalu berpikir secara berlebihan akan mengalami gangguan tidur karena otak terus aktif bahkan ketika ingin tidur.

Akibatnya overthinking ini bisa membuat seseorang menjadi kurang tidur bahkan bisa berdampak pada penurunan kesehatan fisik. 

Cara Mengatasi Overthinking

Setelah mengetahui ciri-ciri overthinking, ada baiknya untuk mengetahui cara mengatasinya agar bisa dihindari atau bahkan menghilangkan kebiasaan overthinking ini di dalam dirimu.

Berikut ini cara agar tidak berpikir berlebihan yang bisa kamu ikuti, diantaranya:

1. Mencari Tahu Pemicunya

Semua orang memiliki alasan yang berbeda-beda sebagai pemicu timbulnya overthinking. Kamu bisa meminta bantuan orang lain seperti keluarga, teman ataupun ahli di bidangnya. 

Saat kamu sudah menemukan pemicu dari overthinking itu sendiri, kamu akan bisa menyelesaikan masalah dari apa yang menyebabkanmu overthinking.

2. Ambil Jeda Untuk Berpikir Saat Membuat Keputusan

Seseorang yang overthinking terkadang merasa sulit dalam pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan perasaan takut akan kejadian yang terjadi bila salah membuat keputusan. Oleh sebab itu perlunya jeda waktu untuk berpikir.

Berpikir disini bukan dalam rentang waktu yang lama sehingga malah timbul overthinking itu sendiri, akan tetapi hal ini dilakukan untuk menghindari pikiran berlarut-larut.

Salah satu cara efektif adalah membuat daftar prioritas sehingga bisa membantu menentukan mana hal yang harus diputuskan terlebih dahulu.

3. Membuat Pengalihan

Setelah pemicu dari overthinking telah ditemukan, saatnya membuat pengalihan agar tidak terfokus pada hal itu saja. Misalnya dengan melakukan meditasi untuk rehat sejenak. Kamu bisa mendengarkan musik atau berkunjung ke tempat yang tenang yang bisa membuat dirimu nyaman dan rileks.

Baca Juga : Penting! Makna Ikhlas Dalam Hidup Yang Perlu Kamu Ketahui!

4.Hadapi Rasa Takut

Tidak ada jalan lain selain merangkul rasa takut akan akibat yang terjadi atas kejadian yang telah kamu jalani. Kamu harus berani belajar menerima resiko yang akan menimpa dirimu. Ketika kamu telah ikhlas menjalani hidupmu, kamu akan mampu membuat batasan akan pikiranmu yang berlebihan.

5. Berteman Dengan Kegagalan

Berteman dengan kegagalan adalah salah satu cara mengatasi overthinking. Di dunia ini tidak ada seorangpun yang tidak pernah mengalami kegagalan, maka dari itu kamu tidak perlu cemas dan overthinking bila kegagalan menimpamu. 

Akan lebih baik bila kamu menjadikan kegagalan ini sebagai sebuah pelajaran. Yakinlah akan ada hikmah yang bisa kamu ambil sebagai jalan menuju masa depan yang lebih baik.

Itulah tadi penjelasan mengenai ciri-ciri dan cara mengatasi overthinking yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa membantu dalam mengurangi overthinking yang telah menjadi kebiasaanmu selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *