Categories
Self Improvement

Mengembangkan Potensi Diri: Mengapa Kamu Perlu Melakukannya?

AmalBaik – Mengembangkan potensi diri adalah sebuah keharusan di era globalisasi ini. Pasalnya dengan persaingan yang begitu besar saat ini baik di dunia pendidikan atau di dunia kerja, setiap kita harus mampu terus menggali potensi diri agar tidak tertinggal.

Pada kenyataannya setiap pribadi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setiap kita tidak bisa disamakan antara satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, setiap kita punya usaha untuk mengembangkan diri yang berbeda.

Akan tetapi, poin penting yang perlu digaris bawahi adalah mengapa kita harus mengembangkan potensi diri kita ?

Mengembangkan Potensi Diri: Mengapa Kamu Perlu Melakukannya?
Ilustrasi : Mengembangkan potensi diri mempermudah memperoleh kesuksesan / pexels

Pengertian Potensi Diri

Potensi diri adalah kemampuan diri seseorang baik yang belum terwujud atau yang sudah terwujud akan tetapi belum sepenuhnya dipergunakan secara maksimal. Kemampuan diri tersebut masih bisa untuk dikembangkan lewat usaha dan kerja keras.

Baca Juga : 4 Kecerdasan Manusia : IQ, EQ, SQ, AQ, Sudah Tahukah Kamu?

Dilansir dari wikipedia, secara umum terdapat beberapa contoh potensi diri yang bisa kita kenali, diantaranya yaitu :

1.Kemampuan Linguistik

Seseorang yang memiliki kemampuan ini mampu mengolah kata baik secara lisan maupun tulisan. Mereka dengan kemampuan ini gemar membaca dan belajar berbagai bahasa. Contoh : jurnalis, penulis, pengacara.

2.Kemampuan Logika/Matematik

Kemampuan logika dimiliki seseorang yang lebih terasah dalam hal logika dan angka. Mereka memiliki pola hidup yang rasional dan suka mengolah data. Contoh : akuntan, ilmuwan, matematikawan.

3.Kemampuan Visual/Spasial

Visual/Spasial adalah kemampuan seseorang dalam membuat sketsa ide dengan jelas. Tipe ini memiliki kepekaan akan visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk dan ruang. Contoh : arsitek, desainer, fotografer.

4.Kemampuan Kinetis

Potensi diri ini berhubungan dengan kemampuan seseorang mengoptimalkan gerakan tubuh dan fisik. Mereka menyukai olahraga dan semua jenis kegiatan yang berhubungan dengan fisik. Contoh : atlit, pengrajin, montir.

5.Kemampuan Musikal

Musik dan suara adalah hal yang mampu mereka kembangkan, ekspresikan dan nikmati. Salah satu cirinya mereka mampu dengan mudah menghafal melodi lagu. Contoh : penyanyi, pianist.

6.Kemampuan Interpersonal

Seseorang dengan kecerdasan interpersonal mampu memahami perasaan, watak, temperamen orang lain. Mereka berinteraksi dengan baik dengan orang lain sehingga mampu menyampaikan pendapat dan meyakinkan orang lain. Contoh : Guru, Networker, Negosiator.

7.Kemampuan Intrapersonal

Intrapersonal adalah kemampuan dalam memahami diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif serta bekerja sendiri.  Contoh : konselor, teolog.

8.Kemampuan Naturalis

Seseorang yang mencintai alam, memahaminya dan secara aktif berinteraksi dengan alam. Mereka peka akan perubahan alam sekitar dan mencintai hewan serta tumbuhan.

Mengembangkan Potensi Diri: Mengapa Kamu Perlu Melakukannya?
Ilustrasi : Mengembangkan potensi diri bisa membuat kita meraih impian di dunia pendidikan maupun dunia kerja.

Mengembangkan Potensi Diri

Pengembangan diri adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang guna menggali potensi, kemampuan, bakat, dan kepribadian seseorang agar dapat berkompetisi dan memiliki kualitas diri yang lebi baik sehingga mampu memenuhi kebutuhan aktualisasi diri.

Tujuan pengembangan diri diantaranya adalah :

  1. Memberikan kesempatan pada kita untuk mencari potensi diri sendiri yang kemudian bisa dioptimalkan dan kita ekspresikan.
  2. Meningkatkan potensi diri, kemampuan, keahlian kita sesuai dengan perkembangan yang ada.
  3. Membentuk kita menjadi individu yang profesional di bidangnya.

Alasan Pengembangan Potensi Diri

Setiap orang pasti ingin menjadi versi terbaik dari dirinya. Memiliki kepribadian yang baik dari sebelumnya, ilmu yang bertambah, potensi diri meningkat dan lain-lain. Hal ini bisa didapatkan bila kita mau mengembangkan potensi diri kita.

Pengembangan potensi diri tidak hanya didapatkan di bangku sekolah, tapi juga berbagai kegiatan yang mampu mengasah bakat dan keterampilan.

Nah, agar semakin bersemangat untuk mengembangkan potensi diri, berikut ini alasan mengapa kita harus meningkatkan potensi diri kita.

1.Memiliki Tujuan Hidup

Dengan mengembangkan potensi diri, kamu akan mengetahui tujuan hidupmu. Hal ini dikarenakan saat kamu melakukan pengembangan diri, kamu mengetahui apa yang ingin kamu capai. Kamu mencari tahu apa yang harus kamu lakukan, karakter dan ilmu apa yang harus kamu punya.

2.Mengenal Diri Lebih Dalam

Kunci utama dalam mengembangkan potensi diri adalah mencoba mengenal diri lebih dalam. Apabila kita mengetahui kekurangan dan kelebihan diri, maka akan sangat besar kemungkinan bagi kita untuk dapat meningkatkan kualitas diri.

3.Kepercayaan Diri Meningkat

Pengembangan diri sangatlah penting bagi kita untuk dapat menghadapi berbagai dinamika kehidupan. Penting untuk diketahui, perubahan akan selalu datang dan tidak bisa dihindari. Dengan adanya pengembangan diri dari masa ke masa, maka kepercayaan diri pun meningkat.

Pasalnya, saat kita mampu melewati suatu persoalan itu tandanya kemampuan diri kita sedang mengalami perkembangan. Maka dari itu, kita menjadi lebih percaya diri di kesempatan berikutnya saat ada hal yang perlu diselesaikan kita yakin bisa melewatinya.

4.Memotivasi Diri Sendiri

Motivasi pada dasarnya hadir di sanubari setiap manusia. Hanya saja motivasi ini bisa datang dan pergi di waktu yang tidak tepat. Akan tetapi bila kita telah fokus untuk mengembangkan potensi diri, besar kemungkinan motivasi akan terus terjaga.

Contoh motivasi pengembangan diri adalah agar bisa keluar dari zona nyaman. Setiap kita tahu zona nyaman bukanlah tempat terbaik bagi kita yang ingin terus bertumbuh. Zona nyaman hanya membuat kita diam di tempat dan tidak bisa meningkatkan kualitas diri kita.

5.Memiliki Kehidupan yang Lebih Baik

Saat seseorang memutuskan untuk mengembangkan potensi diri, saat itu pula terbuka peluang kehidupan yang lebih baik. Bagi mereka yang terus mengembangkan potensi diri peluang tersebut merupakan tantangan yang harus diambil.

Intinya, setelah menggali potensi diri dan meningkatkannya maka kita akan berusaha untuk mengoptimalkan hal tersebut. Dengan pengembangan diri maka kita akan menemukan titik jelas arah dan target kehidupan lebih baik yang ingin kita tuju.

6.Mampu Mengontrol Emosi

Seiring berjalannya waktu, saat kita mengembangkan potensi diri saat itu pula kita mulai meninggalkan segala hal yang dapat menghambat lagkah kita. Kita akan mulai semakin disiplin dengan diri sendiri, dan dapat mengontrol emosi kita.

Kita semakin bersahabat dengan perubahan serta sudut pandang pun mulai berubah. Kita tidak lagi fokus untuk iri dengan kesuksesan orang lain, tapi lebih ingin bisa berkembang bersama-sama.

7. Hubungan Lebih Baik

Tidak menutup kemungkinan, usaha mengembangkan potensi diri mampu membentuk karakter diri menjadi lebih baik. Kita menjadi berpikiran lebih terbuka, bijaksana dan mampu mengintrospeksi diri sendiri.

Dengan kepribadian yang semakin bertumbuh, kita bisa menciptakan hubungan yang lebih baik dan semakin erat baik di lingkup keluarga, pertemanan atau dunia kerja.

Nah itu tadi, penjelasan mengenai potensi diri, tujuan dan alasan mengapa kita perlu mengembangkan potensi diri kita. Semoga Membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *