Categories
Talk Islam

Penuh Cerita Menakjubkan, Inilah Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunia

Penyebaran Islam ke seluruh dunia dimulai pada zaman Nabi Muhammad SAW. Perdagangan yang melibatkan banyak wilayah ini membantu menyebarkan Islam. Sejak saat itu banyak karya arsitektur peninggalan sejarah Islam.

Meskipun sebagian besar bangunannya adalah masjid, Anda juga dapat menemukan beberapa jembatan, istana, dan benteng yang terbuat dari menara dan kubah. Bangunan bersejarah ini menjadi pusat perhatian dunia karena melestarikan sejarah peradaban Islam. 

Beberapa bangunan bahkan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Mari Anda lihat di bawah ini adalah struktur sejarah Islam yang paling menarik di dunia.

Penuh Cerita Menakjubkan, Inilah Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunia
Penuh Cerita Menakjubkan, Inilah Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunia

1. Ka’bah

Semua pemeluk Islam pasti tahu bahwa Ka’bah adalah kiblat seluruh umat Islam di dunia. Ka’bah, juga dikenal sebagai baitullah, adalah bangunan berbentuk kubus yang terletak di kompleks masjidil Haram. Ka’bah, tempat suci umat Islam untuk shalat wajib dan shalat sunnah merupakan bangunan suci bagi umat Islam dan setiap tahun umat Islam mengunjunginya untuk berhaji (baca artikel wajib haji). 

Banyak ulama berbeda pendapat tentang siapa yang pertama kali membangun Ka’bah, meskipun dalam sejarah Islam dikatakan bahwa Nabi Ibrahim dan Ismail adalah orang yang memulihkan Ka’bah dan Ka’bah sudah ada sebelum Ibrahim meninggalkan Siti Hajar dan putranya Ismail As.

Baca Juga : Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Penghafal Al Quran Untuk Orang Tua

2. Masjidil Haram

Masjidil Haram di kota Mekkah merupakan masjid terbesar di dunia yang pasti semua pemeluk agama Islam di dunia mengetahuinya. Masjid ini terletak di kota Makkah dan dibangun di sekitar bangunan Ka’bah yang merupakan kiblat umat Islam. Masjid ini mulai dibangun pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab sekitar tahun 638 M dan kemudian gereja ini diperbesar di bawah bimbingan khalifah dan dinasti-dinasti Arab. 

3. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi yang terletak di kota Madinah merupakan salah satu kota bersejarah bagi umat Islam. Madinah dianggap penting dalam sejarah Islam karena di bawah Nabi Muhammad ia dan para pengikutnya bermigrasi ke Madinah seiring berlanjutnya perang dengan kaum Quraisy. 

Masjid ini merupakan tempat suci bagi umat Islam yang juga wajib dikunjungi saat berziarah. Masjid tersebut merupakan masjid terbesar kedua di dunia tempat Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dimakamkan. 

Masjid ini pertama kali dibangun ketika Nabi Muhammad pertama kali datang ke Madinah dan tempat dimana masjid ini dibangun adalah tempat unta Nabi Muhammad singgah di tanah Medianah. 

4. Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid yang dibangun oleh Rasulullah SAW pada tahun 1 Hijriah atau 622 M. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi SAW yang terletak di Quba, 5 km dari kota Madinah. Masjid ini bahkan disebutkan dalam surah At taubat ayat 108 dan merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam sebagaimana disebutkan dalam firman Allah berikut ini.

5. Masjidil Aqsa

Tempat suci umat Islam lainnya yang tak kalah pentingnya adalah Masjid Al-Aqsa yang terletak di kota Yerusalem yang merupakan tempat suci bagi umat Islam serta Kristen dan Yahudi (baca sejarah Yerusalem), Muslim Yahudi), di Palestina. 

Masjid ini adalah tempat dimana Rasulullah SAW naik pada saat Isra Mi’raj di Sidratul Muntaha. Masjid ini pernah menjadi kiblat umat Islam ketika Nabi SAW hijrah ke Madinah, meskipun kiblatnya kemudian dipindahkan ke Ka’bah. Masjid ini pada hakikatnya hanyalah sebuah ruangan atau rumah kecil yang menjadi tempat ibadah yang dibangun oleh Khalifah Umar bin Khattab. 

Bangunan masjid ini kemudian dibangun kembali pada tahun 705 M oleh Khalifah Umayyah Bin Malik dan putranya Al Walid. (baca kebangkitan Islam abad pertengahan dan kebangkitan Islam di Eropa)

6. Taj Mahal, Agra, India

Taj Mahal adalah monumen yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Istri caesar meninggal setelah melahirkan anak ke-14 mereka. Masa konstruksi monumen ini berlangsung dari tahun 1630 hingga 1653, sehingga membutuhkan waktu 23 tahun untuk menyelesaikannya. Sejak tahun 1983, Taj Mahal telah diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Baca Juga : Tips Parenting Islami Untuk Mendidik Anak Versi Rasulullah

7. Masjid Sulaiman, Istanbul, Turki

Masjid kubah biru sering disebut sebagai “blue mosque”. Pembangunan masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I pada tahun 1603-1617. Selain terdiri dari kubah bertingkat, konstruksi masjid ini juga memiliki 6 menara. 

Masjid yang merupakan tempat peribadatan ini juga digunakan sebagai tempat wisata budaya dan religi, sehingga jamaah yang datang berkunjung dan beribadah di sini berasal dari berbagai belahan dunia.

8. Masjid Raya Xi’an, Shaanxi, Tiongkok

Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun di China, didirikan oleh Kaisar Tia Bo dari Dinasti Tang pada tahun pertama. Usia pengerjaannya lebih dari 1000 tahun, sehingga disebut sebagai masjid tertua di provinsi Shaanxi, China.

Masjid yang diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia, sayangnya tidak mengizinkan pengunjung untuk masuk. Namun, mereka diperbolehkan menjelajahi bagian luar bangunan masjid.

9. Jembatan Si-o-se Pol, Isfahan, Iran

Dibangun pada tahun 1599, jembatan ini juga dikenal sebagai Jembatan Allahverdi Khan, sangat populer di kalangan wisatawan di kota Isfahan, Iran. Jembatan, peringkat 11 sebagai yang paling terkenal, memiliki 33 lengkungan di dindingnya.

Jembatan ini juga terbuat dari batu dan batubara sehingga bisa berdiri kokoh di atas aliran Sungai Zayandeh. Panjangnya sekitar 297,76m dan lebarnya sekitar 13,75m.

10. Masjid Selimiye, Edirne, Turki

Pembangunan masjid  di kota Edirne, Turki ini dibangun atas perintah Sultan Selim II. Didirikan pada tahun 1568-1574, Masjid Selimiye yang  indah  terdiri dari empat kubah. Bangunan masjid  juga memiliki  uang kertas 10.000 Lira yang diukir. Bangunan ini juga dikenal sebagai yang paling menakjubkan karena masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.  

11. Benteng Agra, Agra, India

Benteng, juga dikenal sebagai Benteng Merah atau Lal Qila, didirikan oleh Kaisar Akbar dari Kerajaan Mughal. Benteng ini terlihat menakjubkan karena terbuat dari batu bata  merah.  Bangunan ini terletak di kota Agra, India dan merupakan benteng terpenting di India karena menyimpan banyak harta nasional. Dengan demikian, bangunan ini juga termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.  

12. Chin Li Kiosk, Istanbul, Turkey

Bangunan istana ini merupakan salah satu bangunan Islam paling megah di  Turki,  dibangun oleh Sultan Ottoman  Mehmed II. Dibangun seperti istana kebahagiaan, eksterior bangunan ini  indah dan mengkilap karena terbuat dari batu bata. 

Bangunan ini konon telah digunakan sebagai museum seni Islam sejak tahun 1953, yang menyimpan artefak sejarah. Sebuah situs bersejarah, museum ini terbuka untuk umum setiap hari.  

13. Masjid Al-Azhar, Kairo, Mesir 

Masjid Al-Azhar dibangun oleh Panglima Jauhar Al Siqili pada tahun 359-361 Hijriah. Masjid yang menakjubkan dan fenomenal ini terletak di Kairo, Mesir. Dinamakan Al-Azhar dalam notasi Zahra, nama panggilan putri Nabi adalah Fatimah az-Zahra.  

Masjid yang memiliki lima menara ini kemudian difungsikan sebagai universitas dan  pada tahun 1961  memiliki banyak fakultas. Ada juga  perpustakaan yang sangat besar. Al-Azhar dianggap sebagai pusat pemikiran Islam, politik dan ilmu agama di Mesir dan di seluruh dunia.  

14. Istana Alhambra, Granada, Spanyol

Istana Alhambra adalah salah satu istana paling megah di kota Granada, Spanyol. Istana ini didirikan oleh bangsa Moor di Afrika Utara. Bangsa Moor adalah penguasa Muslim terakhir di Andalusia, Spanyol. Istana yang terbuat dari batu bata dan ubin merah ini menjadi saksi sejarah kejayaan Islam di  Spanyol.  

15. Masjid Sultan Hasan, Kairo, Mesir 

Masjid yang  membutuhkan waktu 7 tahun untuk dibangun ini dibangun pada tahun 1356 M. Saat ini, kepemimpinannya tetap di bawah Sultan bin Hasan Al-Nashir Muhammad bin Qalawun, yang berasal dari dinasti Mamlukiyah. 

Menurut  sejarawan, masjid ini merupakan salah satu masjid dengan pintu tertinggi dan terluas, dibandingkan dengan bangunan Islam lainnya di Mesir. Keunikan masjid ini  terletak pada pintunya. 

Baca Juga : Jangan Asal Berdoa, Kenali Keutamaan Doa Dalam Islam

16. Masjid Rüstem Pasha – Istanbul, Turki 

Masjid ini dirancang oleh Ottoman Mimar Sinan untuk mengenang Wakil Rustem Pasha yang meninggal pada Juli 1561. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1563 dan terkenal dengan ubin Iznik yang dihiasi dengan motif bunga dan ukiran geometris. 

Meski tidak terlalu besar, masjid ini tetap terlihat  kokoh dan megah. Di dalam gedung ini berdiri  pilar-pilar berbentuk segi delapan, dengan pintu berukir rumit. Hingga saat ini, Masjid Rustem Pasha masih digunakan untuk salat sehari-hari. 

Ini adalah banguan bersejarah Islam yang dapat ditemukan di seluruh dunia sebagai bukti dari adanya peradaban Islam di dunia. Dari daftar di atas, tempat mana yang ingin Anda kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *