Categories
Psikologi

Self Healing Terbaik Dalam Islam, Bagaimana Caranya?

Amal BaikSelf healing terbaik dalam islam bagaimana caranya? Di zaman sekarang setiap kita lekat dengan istilah self healing. Bila dilanda kelelahan fisik maupun psikis yang terpikirkan oleh kita adalah sudah waktunya untuk healing.

Dilansir dari Psychologi Today, self healing artinya sebuah upaya yang dilakukan masing-masing pribadi untuk menyembuhkan luka batin secara personal. Jadi self healing adalah proses yang dibutuhkan seseorang menuju sembuh dari luka batin.

Dalam Islam sendiri telah ada pembahasan mengenai cara menghilangkan luka batin ataupun proses mencari ketenangan pada jiwa. Ingatkah kita pada sepenggal ayat yang artinya “ Dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tenang “

Self healing terbaik adalah melakukan perenungan dan mencurahkan segala sesuatu baik berupa keresahan hati, kecemasan dan was was yang tiada tara kepada Sang Khalik, Pemilik jagat raya ini.

Self Healing Terbaik Dalam Islam, Bagaimana Caranya?
Ilustrasi : Self Healing Terbaik Dalam Islam, Bagaimana Caranya? Dengan membaca Al-Quran / Pexels
Baca Juga : Kecerdasan Spiritual : Pengertian, Ciri-Ciri dan Indikatornya

6 Cara Self Healing Terbaik Dalam Islam

Rasulullah SAW sebagai panutan umat muslim pun mengalami yang namanya khawatir, merasa kehilangan, sedih dan berduka. Hanya saja bedanya, Rasulullah mendapatkan wahyu langsung dari Allah swt.

Di saat baginda Rasul dalam kondisi tidak baik-baik saja, Rasulullah menyepi ke Gua Hira. Disana Rasulullah bertafakur kembali kepada Allah. Itulah salah satu cara self healing yang dilakukan baginda Rasul.

Islam mengajarkan kepada manusia bahwa hidup ini memang akan penuh dengan ujian karena dunia memang tempat manusia diuji. Akan tetapi Allah lewat firman-Nya telah menyampaikan kepada kita untuk tidak takut karena Allah bersama umat-Nya.

Berikut ini cara self healing terbaik dalam islam yang bisa kamu terapkan di dalam kehidupan sehari-hari :

1.Shalat

Shalat adalah obat untuk penyakit, was-was, kegelisahan dan keputusasaan. Pasalnya saat kita berdiri melakukan sholat, kita tunduk dan khusyu’ di hadapan Allah swt. Manusia dengan segala kekurangannya menghadap Allah yang memegang kendali kehidupan.

Manusia yang berdiri dengan shalat yang baik dan benar akan merasakan energi yang melahirkan ketenangan jiwa, kebeningan hati dan perasaan nyaman. Dengan shalat lelah fisik, ketidakstabilan emosi serta berbagai permasalahan akan terlupakan dengan sendirinya.

Setelah selesai shalat kita bersimpuh kepada sang Khalik, saat itu pula kita bisa mengangkat kedua tangan memohon pertolongan dan mencurahkan segala isi hati kita. Kepada Allah kita meminta yang terbaik untuk kehidupan ini.

2. Dzikir

Berdzikir bukan hanya di lidah dan ucapan tapi juga merasuk ke dalam jiwa dan hati. Dengan berdzikir kita mengucapkan kalimat tasbih, tahmid serta meminta ampunan kepada Allah swt.

Disaat kita bersungguh-sungguh mendekatkan diri kepada-Nya, saat itu pula ketenangan akan hadir. Kita akan memperoleh fokus, ketenangan dan kedamaian. Ini juga bisa menghilangkan stress dalam Islam.

3. Tafakur dan Muhasabah

Di dalam Islam ada istilah Rihlah sebagai bentuk kita mencharge diri kita sekaligus mengingat segala kebesaran Allah yang ada di bumi ini beserta segala fenomenanya.

Kamu bisa menyepi di tempat yang sunyi dan lakukan self talk atau berbicara kepada diri sendiri. Apa yang sebenarnya membuat kita merasa tidak nyaman, apa yang kita sesalkan, apa yang kita inginkan, dan cobalah jujur kepada diri sendiri.

Was – was dalam Islam adalah bisikan atau godaan setan, jin dan manusia. Bisikan ini bukan hanya untuk melakukan hal yang dilarang tapi juga bisikan tidak menerima takdir. Kecenderungan kita merasa tidak tenang adalah karena merasa khawatir dengan takdir yang kita tidak tahu.

Apabila kita menerima dan mengikhlaskan yang telah terjadi dan akan terjadi maka ketenangan akan datang dengan sendiri. Ikhlas sendiri juga merupakan sesuatu yang harus diupayakan. Ikhlas dan yakin bahwa apa yang ditakdirkan Allah pasti yang terbaik.

Selanjutnya, ingatlah pada firman Allah, bahwa setiap ada satu kesulitan, niscaya Allah akan mendatangkan dua kemudahan. Hal ini perlu kita ingat dan tanamkan di dalam jiwa, sehingga kita akan dengan mudah memperoleh ketenangan.

4. Menuntut Ilmu

Bergabunglah dengan komunitas yang baik dan menebarkan aura positif. Ikutlah kajian ataupun seminar mengenai ilmu pengetahuan baru agar bisa mendapatkan inspirasi atau pencerahan yang bisa membantu kita menemukan solusi untuk permasalahan yang dihadapi.

Pelajari ilmu agama yang selama ini hanya kita tahu kulit luarnya saja. Dengan ilmu wawasan kita akan semakin luas, pikiran pun semakin terbentang dan tidak mengalami kebuntuan. 

Baca Juga : Mengembangkan Potensi Diri: Mengapa Kamu Perlu Melakukannya?

5. Berbagilah

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan stress menurut Islam adalah dengan bersedekah. 

Saat kita memberi, kita akan bisa merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh orang lain. Pasalnya, dengan memberi kita bisa tahu ada banyak orang yang masih tidak bisa merasakan apa yang kita rasakan. Dari sini akan timbul rasa syukur di dalam diri kita.

Dengan bersyukur bisa menjadi self healing tersendiri. Saat itu hati kita akan merasakan kenyamanan, ketenangan dan puncak kebahagiaan karena merasa sudah memiliki segalanya dan tidak merasakan kekurangan lagi.

6.Self Healing Dengan Membaca Al Quran

Tidak bisa dipungkiri dengan membaca ataupun mendengarkan ayat suci Al-Quran tanpa kita sadari hati menjadi tenang. Apalagi bila kita juga berusaha membaca dan memahami arti firman Allah tersebut.

Dengan membaca Al Quran kita bisa mengetahui jawaban dari permasalahan yang kita hadapi. Kita seolah-olah berdialog langsung kepada Allah swt. Di saat pikiran-pikiran mengganggu menghampiri, bacalah Al quran.

Nah itu tadi self healing terbaik dalam islam yang bisa kamu coba terapkan dalam kehidupanmu. Self healing  dengan melakukan hal-hal yang sifatnya duniawi, menghibur diri dengan traveling ataupun watching memang boleh dilakukan tetapi dampaknya hanya sementara.

Akan tetapi bila kamu melakukan self healing sesuai dengan ajaran Islam, selain memperoleh pahala, ketenangan yang kamu dapatkan juga lebih bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *